Sejarah

Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang  adalah Rumah Sakit yang tertua di kota Pangkalpinang dan telah lama dikenal oleh masyarakat baik di kota Pangkalpinang maupun pulau Bangka sejak zaman Belanda dahulu. Rumah Sakit ini berawal dari sebuah Balai Pengobatan yang didirikan oleh Perushaan Pertambangan Timah Hindia Belanda Banka Tin Winnen Bedryf sekitar tahun 1900.  Balai Pengobatan ini khusus diperuntukan bagi karyawan perusahaan tersebut. Pada tahun 1953 setelah Belanda meninggalkan Indonesa. Perusahaan Belanda tersebut di Nasionalisasi oleh Pemerintah  indonesa menjadi Perusahaan Milik Negara pada tahun 1969. Balai Pengobatan tersebut berada dibawah pengelolaan Unit  Penambangan Timah Bangka yang digunakan untuk pangobatan para karyawan nya.

Balai Pengobatan tesebut berkembang menjadi sebuah Rumah Sakit dan menjadi  bagian dari unit usaha PT. Tambang Timah yang merupakan Unit Pelayanan Kesehatan yang berada di bawah Divisi Kesehatan PT. Tambang Timah. Pada masa itu Unit Pelayanan Kesehatan Tersebut bernama Rumah Sakit Unit Penambangan Timah Bangka.

Pada tahun 1990. PT. Timah melaksanakan Restrukturisasi yang di maksud untuk mengefisiensikan perusahaan. Salah satu program yang di lakukan yaitu Program pelepasan Aset yang tidak berhubungan dengan bisnis inti PT. Timah sehingga Rumah sakit ini menjadi salah satu dari sekian banyak Aset PT. timah yang dilepaskan. Pelepasan dilakukan dengan kebijakan agar tidak menghentikan fungsinya sebeagai institusi pelayanan kesehatan Rumah Sakit dan agar tetap bermanfaat bagi masyarakat umum. Isi kebijakan pelepasan asset tersebut meliputi hibah kepemilikan dan pengelolaan dari segala sarana prasarana, dan fasilitas serta obat-obatan milik PT. Timah Pangkalpinang kepada para Dokter dan karyawan Rumah Sakit yang masih bersedia bekerja di Rumah Sakit tersebut. Subsidi hanya diberikan kepada karyawan selama satu tahun berupa gaji sesuai pendaapatan terakhirnya dan selanjutnya Rumah Sakit harus dapat dikelolah secara mandiri. Pengelolaan secara mandiri ini dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 1993 dan rumah sakit ini menjadi Rumah Sakit Swakelola Pangkalpinang.

PT RUMAH SAKIT BAKTI TIMAH berdiri tanggan 07 agustus 2015, merupakan anak perusahaan dari PT Timah (Persero) Tbk.

  • Memiliki 2 Devisi Usaha : PT Bakti Timah Solusi Medika dan Managed care Service (MCS)
  • Memiliki 4 Rumah Sakit ( RSBT Pangkalpinang, RS Medika Stannia Sungailiat, RSBT Muntok, RSBT Karimun )
  • Memiliki 4 Klinik Rawat Inap ( Klinik Utama Medika Stannia Belinyu, Klinik Bakti Timah Parit Tiga, Klinik Bakti Timah Toboali, Klinik Bakti Timah Tanjung Pandan ).
  • Serta Memiliki 6 Klinik Pratama ( Klinik Pratama Pangkalpinang, Klinik Pratama KS Tubun, Klinik Pratama Prayun Kundur, Klinik Pratama Pangkal Balam, Klinik Pratama Manggar, dan Klinik Pratama Tanjung Pandan ).